BLOG

Kana Park: Berikut Jenis Bunga Dalam KPR

Kana-park.id, Tangerang – Beli rumah jadi lebih mudah dengan adanya sistem pembayaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Sebab, pembayaran dengan sistem KPR memungkinkan pembeli untuk mencicil rumah sehingga pembayaran jadi lebih ringan.

Kendati demikian, dalam praktik KPR, pembeli rumah akan dikenakan suku bunga oleh bank penyedia. Besaran KPR tersebut berbeda-beda tergantung biaya cicilannya. Demi menarik nasabah atau calon pembeli, tak jarang terjadi perang atau persaingan suku bunga KPR antar bank.

Sebagai pembeli, penting bagi Anda untuk mengetahui jenis suku bunga pada KPR dan paham dengan cara perhitungannya. Sebab, cicilan KPR yang akan Anda bayarkan tiap ulannya teridiri dari dua unsur, yakni pembarayan bunga KPR pada bank dan cicilan utang pokok KPR.

Selain itu, bunga KPR juga terpecah lagi menjadi beberapa jenis dan setiap jenisnya memiliki cara perhitungannya masing-masing. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

1.       Bunga Flat

Pada bunga flat, perhitungan bunga KPR dapat dilakukan dengan cara mengalikan besarnya bunga uang sudah ditetapkan oleh bank, dengan utang pokok kredit di awal debitur.

Dengan jenis bunga KPR flat, maka besaran bunga angsuran Anda tidak akan berubah hingga bertahun-tahun. Jenis bunga KPR yang satu ini paling dicari karena memiliki kelebihan daripada jenis bunga yang lain karena tidak adanya kenaikan pada suku bunga.

2.       Bunga Efektif

Berbeda dengan bunga flat, bunga efektif bisa dikatakan sebagai jenis bunga yang dapat meringankan debitur dalam membayarkan bunga KPR. Suku bunga KPR pada jenis ini merupakan bunga yang harus dibayarkan sesuai dengan utang pokok kredit bulan sebelumnya.

Contoh mudahnya, sebagai debitur, Anda harus membayar angsuran kredit/utang pokok tiap bulannya 1 juta dari total hutang 36 juta. Pada bulan kedua, bunga kredit yang wajib Anda bayarkan, yaitu 10 persen dari sisa hutang pokok yang Anda miliki, yakni 20 persen dari 35 juta.

Dengan demikian, suku bunga KPR yang akan dibayarkan akan semakin kecil jumlahnya seiring makin kecil beban/ utang KPR yang Anda miliki. Tak heran jika metode efektif ini menjadi jenis bunga KPR yang paling banyak dipilih oleh para pengguna jasa KPR.

3.       Bunga Antuitas

Jenis bunga KPR satu ini merupakan bagian dari jenis bunga efektif. Pada bunga antuitas, besaran angsuran yang harus dibayarkan oleh para debitur jumlahnya akan selalu sama setiap bulannya hingga akhir/tempo pelunasan.

Sedangkan cara menghitung suku bunga KPR-nya sama dengan cara perhitungan suku bunga KPR efektif, hanya saja bantuan bank yang nantinya akan menentukan jumlah cicilan pokok tiap bulannya. Dengan begitu, pihak bank akan mengatur besarnya angsuran KPR yang harus dibayarkan sama setiap bulannya.

Itulah beberapa jenis bunga dalam KPR. Salah satu perumahan yang menyediakan sistem pembayaran KPR adalah Kana Park. Perumahan ini di kawasan industri, tepatnya terletak di Jalan Legok, Tangerang, Banten.

Kana Park merupakan perumahan bergaya arsitektur Jepang yang dikembangkan oleh BSA Land. Sebagai pengembang berpengalaman, BSA Land mencoba untuk menghadirkan pengalaman baru bagi desain rumah yang ada di Indonesia.

Kana Park dibanderol dengan harga mulai dari Rp 300 jutaan. Jika tertarik untuk memilik unit di perumahan ini, Anda bisa langsung menghubungi Prime360.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. (MDA)

imgWAchatYuk wa