BLOG

Kelebihan Rumah Bergaya Jepang di Kana Park

Populer di Masa Kini, Ini Dia Kelebihan Rumah Bergaya Jepang Kana Park

Kana-park.id, TangerangGaya dan desain rumah ala Jepang memang menjadi salah satu gaya rumah favorit masyarakat tidak hanya di Indonesia namun juga di berbagai negara lain. Rumah bergaya Jepang memang memiliki ciri khas yang unik dibandingkan dengan desain dan gaya rumah tipe lainnya.

Rumah gaya Jepang biasanya selalu mengedepankan elemen natural yang ada di sekitar rumah. Prioritas pada elemen natural ini menawarkan kenyamanan dan ketenangan tinggal di rumah. Selain itu, pengaruh gaya hidup masyarakat Jepang yang terkesan sangat minimalis dan praktis juga mempengaruhi gaya arsitektur rumah ala Jepang. Gaya hidup ini tentu sangat cocok dengan gaya hidup keluarga millennial yang kini selalu diseibukan oleh masalah pekerjaan sehingga menginginkan hunian yang minimalis dan praktis.

Di balik semua popularitas rumah bergaya Jepang, apa saja yang menjadi keunggulan desain rumah gaya Jepang ini? Artikel kali ini akan membahas mengenai keunggulan konsep rumah bergaya Jepang.

Penggunaan Material Alami

Dimulai dari materialnya, rumah yang berarsitektur Jepang kerap menggunakan bahan alami seperti kayu sebagai bahan pelengkap, berbeda dengan Indonesia yang lebih umum menggunakan bata/tembok yang lebih kongkrit dan tahan lama. Gaya penggunaan material kayu ini dipengaruhi oleh fakta bahwa negara Jepang kerap ditimpa musibah gempa bumi, kayu memiliki kelebihan untuk mereduksi gempa, sehingga bangunan tidak mudah roboh.

Jika ingin digunakan, material ini akan sangat cocok untuk lokasi–lokasi yang kerap terjadi gempa, seperti Jawa, Sumatera Utara dan Aceh. Hanya saja, kayu harus diplester lebih dulu agar lebih kuat terhadap serangan rayap. Selain memiliki fitur tahan gempa, penggunaan kayu juga akan membantu memberikan suasana hangat ketika cuaca dingin dan suasana sejuk ketika cuaca panas. Sehingga rumah bergaya Jepang cenderung memiliki udara yang baik di dalamnya.

Memiliki Ciri Khas Engawa

Gaya rumah klasik Jepang biasanya selalu dilengkapi dengan bagian engawa atau teras rumah yang sangat menenangkan. Engawa adalah sebuah teras natural yang terbuat dari lantai kayu di sepanjang samping rumah. Dari Engawa ini para anggota keluarga bisa menikmati view halaman rumah yang biasanya dilengkapi dengan pagar kayu serta gapura tradisional. Keberadaan Engawa ini menjadi salah satu ciri khas gaya rumah tradisional Jepang. Dalam arsitektur modern rumah gaya Jepang, Engawa tetap dilibatkan sehingga penghuni dapat merasakan pengalaman menghabiskan waktu bersama keluarga di teras rumah Engawa.

Memiliki Pencahayaan Alami dan Ruang Terbuka

Keberadaan Engawa sebagai teras rumah yang langsung menghadap ke halaman disertai dengan jendela geser terbuka memberikan pencahayaan ekstra bagi ruangan di dalamnya. Kelebihan lain dari rumah minimalis gaya Jepang adalah adanya pencahayaan alami dan ruang terbuka. Ruang terbuka dipercaya oleh masyarakat Jepang memiliki aura positif sehingga keberadaanya dalam setiap rumah modern di Jepang sangat diperlukan. Ruang terbuka juga menyebabkan masuknya pencahayaan alami. Pencahayaan alami ini memberikan kesan positif bagi penghuni dan pengunjung karena rumah akan terasa lebih hidup dan ceria. Ruang terbuka juga memiliki fungsi sebagai pusat pergerakan udara di dalam rumah sehingga suhu rumah akan tetap terasa sejuk meskipun suhu di luar terasa panas.

Terdapat Ruangan Khusus Bernama Genkan

Genkan sendiri merupakan sejenis koridor multifungsi yang wajib ada. Biasanya difungsikan untuk meletakkan sepatu serta sandal. Untuk menggantung mantel serta meletakkan payung basah juga sangat efisien ditempatkan pada Genkan.

Area yang merupakan area transisi antara bagian luar dan dalam rumah dapat dimanfaatkan debagai display room bagi para tamu yang hadir. Area ini digunakan untuk menerima tamu dan tempat mengganti sepatu dengan sandal rumah yang dilepas sebelum menginjak lantai tatami. Dengan adanya genkan yang menyerupai foyer, genkan juga dilengkapi dengan rak atau kabinet yang disebut getabako untuk menyimpan sepatu dan berbagai furnitur dekoratif lainnya seperti vas bunga, foto, dan patung nekoyama.

Memiliki Atap Lebar

Konstruksi atap sangat diperhatikan dalam membuat rumah bergaya Jepang. Atap rumah modern minimalis gaya Jepang umumnya dirancang untuk mengalirkan derasnya air hujan dari atap ke tanah. Bentuk atap luas yang dilengkapi kantilever luas ini akan memaksimalkan kontak matahari dengan atap. Digabungkan dengan konsep ruang terbuka engawa yang mampu mengalirkan udara dan pencahayaan alami lebih maksimal maka akan meminimalisir terjadinya kelembaban di dalam ruangan. Hasilnya, ruangan di dalam rumah minimalis gaya jepang akan terasa lebih segar dan menyenangkan. (ADR).

imgWAchatYuk wa